Sekolah/Madrasah : SMA Sanata Sadhar
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Skill : listening / mendengarkan
Standar Kompetensi :
Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menunjukkan simpati.
Indikator :
Kognitif proses :
1.
Siswa mampu mencocokkan ekspresi yang
digunakan dalam rekaman
2.
Siswa mampu menjawab teks rumpang yang
berisi percakapan menunjukkan simpati
3.
Siswa mampu mengidentifikasi makna
tindak tutur menunjukkan simpati
4.
Siswa mampu mengidentifikasi fungsi
tindak tutur menunjukkan simpati
Afektif :
1.
Siswa dapat merespon yang terdapat dalam
percakapan secara akurat, lancar, santun, dan berterima
A. Tujuan Pembelajaran
Diberikan rekaman expressing sympathy, siswa dapat
mengidentifikasi language feature dan menyebutkan ekspressi tersebut secara akurat dan
lancar.
B. Materi Pembelajaran
Rekaman percakapan tentang menunjukkan
rasa simpati
A : How are
you?
B : I’m
terrible.
A : I’m sorry
to hear that. What happened?
B : It’s
stupid. I don’t want to talk about it.
A : Don’t be
too serious. Don’t think too much about it. And if you change your mind and
want to talk about it, you can talk to me.
Expressing sympathy :
I’m
sorry.
|
That’s really too bad!
|
I’m sorry to hear that.
|
That’s awful!
|
That’s terrible!
|
That’s ghastly!
|
What a pity!
|
I’m terribly sorry!
|
That’s scary!
|
That’s rotten!
|
C. Metode Pembelajaran : pembelajaran
individual, pembelajaran kelompok, tutorial
D. Langkah – langkah Kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi : - Guru memberikan salam
dengan ramah
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru mengaktifkan pengetahuan murid
tentang materi dengan pertanyaan
2) Orientasi : - Guru memberi tahu siswa materi pembelajaran
hari ini
- Guru memberi tahu tujuan pembelajaran
hari ini
3) Motivasi :
- Guru
memberi tahu pentingnya pelajaran hari ini yaitu tentang mengekspresikan
simpati
2. Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
- Siswa membahas ekspresi yang muncul
dalam percakapan 1 melalui Web Hot Potatoes Matching yang tersedia.
- Guru menunjuk satu murid untuk
mengoperasikan Hot Potatoes dikarenakan hanya ada 1 portable computer (laptop)
2) Elaborasi
- Siswa mendapat lembar kerja dari guru
- Siswa mengisi teks rumpang berdasarkan
rekaman 1
- Siswa mengisi teks rumpang berdasarkan
rekaman 2
- Siswa mengisi teks rumpang berdasarkan
rekaman 3
- Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok
8-10 siswa. Kelompok 1 bertanggung jawab pada rekaman 1, dst.
- Tiap kelompok maju bergantian untuk
mengisi Forms yang tersedia (menjawab teks rumpang). Lalu menyebutkan ekspresi
simpati yang ada pada rekaman.
3) Konfirmasi
- Guru memberikan feed-back kepada siswa
atas keberhasilan mengerjakan tugas
- Guru memberikan kesempatan pada siswa
untuk bertanya
- Guru menjadi narasumber dan
fasilitator menjawab pertanyaan murid
- Guru memberi motivasi siswa untuk
lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya
3. Kegiatan Penutup
- Siswa membuat kesimpulan tentang
materi yang sudah dipelajari hari itu dengan panduan dari guru
- Guru memberikan tugas mandiri untuk
dikerjakan di rumah
Tugas mandiri :
Menonton film berbahasa Inggris dan
mencatat ungkapan menunjukkan simpati yang digunakan dalam percakapan
- Guru memberikan salam penutup
E. Sumber Belajar
- Handout (terlampir)
- Rekaman Audio
- Internet :
F.
Media
Pembelajaran
- Speaker
- PC, Proyektor, LCD
G. Penilaian
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk soal : menjodohkan dan teks
rumpang
Rubric penilaian afektif
No
|
Aspek Afektif
|
Indikator
|
Kriteria Penilaian
|
||||
SB (5)
|
B (4)
|
C (3)
|
K (2)
|
SK (1)
|
|||
1
|
Menghargai
|
-
Menyampaikan salam dan menyapa
siswa/guru dengancara yang santun
-
Menghargai pendapat siswa lain
-
Menghargai siswa lain/guru
apa adanya
|
|||||
2
|
Toleransi
|
-
Menghargai keunikan siswa lain
-
Bersikap
terbuka (open minded)
-
Toleran terhadap kekeliruan siswa lain
|
Rubrik penilaian kognitif
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.
Mencocokkan
ekspresi dalam rekaman
|
Mencocokkan ekspresi
|
Tes tulis
|
Match the
items on the left to
the items on the right.
|
2.
Mengisi
teks rumpang dengan benar.
Uraian :
-
Isi benar,
tata bahasa benar (3)
-
Isi benar,
tata bahasa kurang tepat (2)
-
Isi dan
tata bahasa kurang tepat (1)
-
Tidak
menjawab (0)
|
Mengisi teks rumpang
|
Tes tulis
|
Fill in the blank
|
Yogyakarta, April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment